PROGRAM BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SPLB-C YPLB CIPAGANTI BANDUNG

ASPEK TUJUAN
OPERASIONAL INDIKATOR
KEGIATAN
MATERI TEKNIK BIMBINGAN ALAT
BANTU CARA PELAKSANAAN
KELAS DAN WAKTU PENYAJIAN
I II III IV V VI
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1. Mengenal ciri-ciri diri sendiri.
Anak dapat mengenal ciri-ciri diri sendiri melalui tanda-tanda khusus dan membedakan dengan orang lain. A. Mengenal bentuk muka.

B. Ciri-ciri pada badan.

C. Mengenal jenis kelamin.
a. Oval / lonjong
b. Bulat
c. Persegi.

a. Tahi lalat
b. Bekas luka
c. mata, alis
d. Tinggi badan, gemuk/kurus.

a. Jenis kelamin laki-laki dan perempuan
b. Perbedaan pakaian dan perempuan
c. Jenis rambut. Memberi ceramah, demonstrasi, tanyajawab.

sda

Memberi penje-lasan, tanya jawab. Cermin
Teman sekelas.

Teman sekelas.

Asesoris Siswa
Macam-macam pakaian
Klasifikasi Melalui pelajaran kemampuan merawat diri.
Matematika
Bahasa indonesia

Merawat diri
sda

Matematika
penjas

Merawat diri
IPS, Bahasa Ind

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

xx

x

x

xx xxx

xxx

xx

x

x
2. Mengurus diri sendiri.
Anak dapat mengurus diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari melalui latihan dan pembiasaan. A. Kegiatan makan dan minum, menyiapkan makanan, dan membantu memasak di dapur.

B. Member-sihkan dan merapikan diri.

C. Member-sihkan lingkungan dan kesehatan badan.

D. Berbusana

E. Menghin-dari bahaya

F. Mengenal peraturan lalu lintas

G. Berbelanja

H. Kerjasama

I. Mengenal biro jasa dan memanfaat-kan lembaga pemberi jasa a. Mengenal peralatan makan
b. Makan dengan tangan
c. Makan dengan sendok dan garpu
d. Minum dengan gelas, sedotan, minuman dalam kemasan
e. Mengenal jenis makanan dan minuman
f. Makan dan minum yang sopan
g. Makan tepat waktu
h. Menyiapkan makan di meja
i. Mengenal peralatan memasak
j. Membantu memasak di dapur

a. Bahan dan peralatan yang digunakan untuk materi b s/d j.
b. Mencuci tangan
c. Berkumur-kumur
d. Menggosok gigi
e. Mencuci muka
f. Mencuci kaki
g. Mencuci rambut
h. Membersih-kan mata
i. Membersihkan kuku
j. Membersihkan badan (mandi)
k. Menyisir rambut
l. Menyemir sepatu
m. Memakai kosmetik sederhana (bedak, minyak rambut, minyak wangi)

a. Membersihkan alat-alat rumah tangga
b. Menata dan member-sihkan ruangan
c. Membersihkan badan saat menstruasi
d. Buang air kecil dan besar
e. Menggunakan obat sederhana
f. Melakukan olahraga sederhana
g. Mencuci dan menjemur pakaian
h. Menyetrika pakaian.

a. Mengenal macam-macam pakaian luar.
b. Mengenakan pakaian luar
c. Mengenal macam-macam pakaian dalam
d. Mengenakan pakaian dalam
e. Memasang kancing dan retsleting
f. Mengenakan sepatu tanpa tali
g. Mengenakan sepatu pakai tali
h. Mengenakan kaus kaki
i. Mengenakan ikat pinggang

a. Bahaya benda tajam.
b. Gigitan binatang dan serangga berbisa.
c. Bahaya listrik, kompor, dan air panas.

a. Mengenal rambu-rambu lalu lintas.
b. Mentaati rambu-rambu lalu lintas jalan raya.
c. Lalu lintas kereta api.

a. Jajan
b. Belanja ke warung
c. Belanja ke toko atau supermarket
d. Belanja ke pasar.

a. Kerjasama di rumah.
b. Kerjasama di sekolah
c. Kerjasama dengan lingkungan terdekat

a. Memanfaatkan jasa pos
b. Memanfaatkan jasa telepon
c. Memanfaatkan jasa klinik kesehatan.
d. Memanfaatkan sarana rekreasi dan tempat bersejarah. Memberi ceramah,
Peragaan dan de-monstrasi, menyu-ruh siswa malaku-kan kegiatan, me-lakukan tanya jawab dengan siswa.

Memberikan pen-jelasan, demon-strasi, penugasan dan mengawasi siswa.

Sda

sda

Memberikan pen-jelasan, melak-sanakan tanya-jawab.

Memberikan penjelasan, tanya jawab, pengenalan lingkungan.

Mengenalkan nilai nominal uang, me-nyuruh siswa ber-belanja, menga-wasi & observasi

Memberi ceramah, tanya jawab

Membri penjelas-an, demonstrasi, mengawasi siswa, observasi, penu-gasan. Peralatan makan dan dapur, macam-macam makanan dan minuman.

Air, sabun, gayung, kain lap, handuk, kapas, dan gunting kuku.

Kain lap, sapu, pembalut wanita, obat-obatan sederhana, perlengkapan olah raga, sabun, dan setrika.

Macam-macam baju dan celana, pakaian dalam, sepatu yang memakai tali dan tidak, sabuk ,bedan dan minyak rambut.

Pisau, paku, pecahan kaca, jarum, dan model binatang berbisa.

Gambar rambu-rambu lalu lintas.

Uang

Teman sekelas

Benda-benda pos
Telepon umum
Klinik sekolah Melalui pelajaran merawat diri, PKK, kegiatan pramuka.
Kegiatan makan bersama

Melalui pelajaran kemampuan merawat diri.

sda

sda

sda

Melalui karyawisata
Pengenalan ling-kungan

Siswa disuruh jajan
Dibawa ke toko
Supermarket dan ke pasar

Bahasa Indonesia, IPS, PPKN, go-tong royong, Olah raga permainan.

Kunjungan ke lembaga pemberi jasa.
Darmawisata.

xx

x

x

x

x

x
xx
x
x

x

x

x

x

x

x

x

x
x

x

x
x

x

x

x

x

x
xxxx

x

x

x

x
x

x

x

x
x
x
x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x
x

x

x

x

x
xxxx

x

x

x

x

x

x

x

x
x
x
x

x

x

x

x

x

x

x

x
x

x

x

xx
x

x

x
x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x
x

x

x

xxx

x

x
x

x

x x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x
xx

x

x

x

x

x
x

x

x
x

x

x x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x
x

x

x
x

x

x
3. Merencana-kan kegiatan harian.
Anak dapat merencanakan sendiri kegiatan harian yang sesuai dengan kepentingannya. A. Kegiatan di sekolah.

B. Kegiatan di rumah.
a. Menyiapkan buku sesuai jadwal pelajaran
b. Jadwal piket kelas
c. Menulis buku komunikasi guru dan orang tua.

a. Jadwal belajar di rumah
b. Jadwal istirahat Memberikan pera-gaan, menugaskan siswa.

sda Kertas karton
Kertas warna
Spidol warna
Lem
Gunting

sda Melalui pelajaran keterampilan.

sda x

x

x
x

x x

x

x
x

x
4. Melaksana-kan kegiatan secara konsekuen.
Anak dapat melaksanakan rencana kegiatan secara konsekuen A. Kegiatan di Sekolah.

B. Kegiatan di rumah. a. Belajar sesuai jadwal
b. Melaksanakan piket kelas
c. memberikan surat pada orang tua.

a. Mengerjakan PR
b. Istirahat
c. Membenahi perlengkapan sekolah. Memberikan pera-gaan, menugaskan siswa.

sda Alat tulis
Peralatan kebersihan (sapu, bak sampah)

sda Observasi setiap hari.

Komunikasi dengan orang tua.

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x xx

x

x
x

x

x
x

x

x
x
x x
x

x

x
x

x

x
x

x

x
x
x
5. Mengambil keputusan.
Anak dapat menentukan sendiri minat dan bakat melalui kegiatan sekolah. A. Kegiatan ekstrakuri-kuler

a. Keterampilan
b. Latihan pramuka
c. Kesenian
d. Olah raga Melaksanakan tanya jawab, mem-beri tugas, demon-strasi & simulasi Bahan keset
Perlengkapan pramuka
Perlengkapan olah raga. Kerajinan
Pramuka
Pendjas
PPKN
x
x

x x
x

x
x

x
x

x
x

x
x

x
x

x
x

x
x

x
x

x
x
xx x
x
x
x
x
x
x
x
x
x x
x
x
x
x
x
x
6. Cara berpikir positif.
Anak dapat berlatih berpikir ke arah yang lebih positif melalui interaksi keadaan yang sebenarnya. A. Permainan

B. Tebak cepat

C. Pemanfa-atan waktu luang a. Permainan teka-teki
b. Permainan yang memakai alat sederhana.

a. Tanya jawab
b. Cerita bergambar

a. Membabaca pelajaran
b. Menyelesaikan tugas
c. Keterampilan kerajinan Melaksanakan tanya jawab, mem-beri tugas, demon-strasi. Kartu
Bola
Komik anak
Puzel Bahasa Indonesia.
Pendjas
x

x
x
x

x
x
x

x
x

x
x xx

x
x

xxx x
x

x
x

xxx x
x

x
x

xxx x
x

x
x

xxx

2 Tanggapan to “PROGRAM BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SPLB-C YPLB CIPAGANTI BANDUNG”

  1. yorrrrrrrry Says:

    OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO NNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: